10 Cara Screenshot di Laptop dengan Mudah

Screenshot atau tangkapan layar adalah proses mengambil gambar dari layar komputer atau laptop Anda. Mungkin ada banyak alasan mengapa Anda perlu mengambil screenshot, seperti untuk berbagi informasi dengan orang lain, membuat catatan, atau memecahkan masalah teknis. Berikut adalah 10 cara yang bisa Anda gunakan untuk mengambil screenshot di laptop dengan mudah.

1. Menggunakan Tombol Print Screen

Tombol Print Screen di keyboard laptop Anda mungkin berbeda-beda tergantung merek dan modelnya. Biasanya tombol ini terletak di sebelah kanan tombol F12 atau bersama dengan tombol-fungsi lainnya. Untuk mengambil screenshot menggunakan tombol Print Screen, cukup tekan tombol tersebut dan gambar layar akan tersimpan di clipboard. Anda kemudian bisa paste gambar tersebut ke program seperti Paint atau Word.

2. Menggunakan Tombol Windows + Print Screen

Jika Anda menggunakan Windows, Anda juga bisa menggunakan kombinasi tombol Windows + Print Screen untuk mengambil screenshot layar penuh. Gambar screenshot akan secara otomatis tersimpan dalam folder Pictures di library Anda.

3. Menggunakan Tombol Alt + Print Screen

Untuk mengambil screenshot hanya dari jendela aktif, Anda bisa menggunakan kombinasi tombol Alt + Print Screen. Gambar yang diambil akan tetap disimpan di clipboard dan bisa Anda paste ke program lain.

4. Menggunakan Snipping Tool

Snipping Tool adalah program bawaan Windows yang memungkinkan Anda untuk menangkap gambar dari layar dengan lebih banyak pilihan. Anda bisa memilih untuk mengambil screenshot penuh, jendela tertentu, atau area tertentu yang ingin Anda tangkap.

5. Menggunakan Tombol Fn + Print Screen

Beberapa laptop memiliki fungsi kombinasi tombol Fn + Print Screen untuk mengambil screenshot. Pastikan untuk mengetahui tombol pintas mana yang dapat Anda gunakan pada laptop Anda.

6. Menggunakan Software Pihak Ketiga

Selain menggunakan fitur bawaan Windows, Anda juga bisa mengunduh software screenshot pihak ketiga seperti Lightshot, Snagit, atau Greenshot. Program ini biasanya menawarkan fitur-fitur tambahan yang memudahkan Anda untuk mengambil gambar layar.

7. Menggunakan Tombol Windows + Shift + S

Windows 10 memiliki fitur baru yang memungkinkan Anda untuk mengambil screenshot tanpa perlu menyimpannya terlebih dahulu. Gunakan kombinasi tombol Windows + Shift + S untuk memilih area layar yang ingin Anda tangkap.

8. Menggunakan Aplikasi Screenshot Chrome

Jika Anda sering menggunakan browser Chrome, Anda juga bisa menggunakan ekstensi atau aplikasi screenshot yang tersedia di Chrome Web Store. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengambil screenshot dari halaman web dengan mudah.

9. Menggunakan Aplikasi Screenshot Snagit

Snagit adalah salah satu software screenshot terbaik yang bisa Anda gunakan. Dengan fitur yang lengkap dan user-friendly, Snagit memungkinkan Anda untuk mengambil screenshot dengan berbagai opsi pengeditan.

10. Menggunakan Aplikasi Screenshot Lightshot

Lightshot adalah aplikasi screenshot yang ringan dan mudah digunakan. Dengan fitur drag-and-drop, Anda bisa dengan cepat mengambil screenshot dan mengeditnya sesuai kebutuhan Anda.

Demikianlah 10 cara screenshot di laptop dengan mudah yang bisa Anda coba. Cobalah berbagai metode yang telah dijelaskan di atas dan tentukan mana yang paling cocok untuk kebutuhan Anda. Jika Anda memiliki cara lain untuk mengambil screenshot yang tidak tercantum di sini, jangan ragu untuk berbagi dengan kami di kolom komentar di bawah.

Scroll to Top